Kamis, 25 September 2008

USIA KAKEK BARU 10 TAHUN



Dibawah pohon yang rindang nampak seorang guru dengan beberapa muridnya yang asik belajar dialam terbuka. Diantara murid-murid tersebut nampak seorang kakek yang juga asik belajar bersama teman-temannya yang masih kecil-kecil. Setiap hari mereka melakukan hal yang sama yaitu belajar bersama.

Keadaan ini membuat aku menjadi penasaran dan bertanya kenapa kakek yang sudah tua tersebut kenapa belajar bersama anak-anak kecil. Aku datangi kakek tersebut, “Kakek, kenapa kakek yang sudah tua ini masih belajar bersama anak-anak yang usianya masih belasan tahun.” Tanyaku. “eh, anak muda menurut kamu memangnya usia ku berapa ?”, Justru malah kakek yang ganti bertanya. “ Menurut saya, kakek usianya 70 tahunan,” jawab ku. “ Salah anak muda, aku baru 10 tahun bukan 70 tahun,” kata Kakek. “ Ah kakek bercanda, mana mungkin kakek yang sudah tua ini berusia 10 tahun ! yang benar 70 tahun”, kataku. Kakek nampak terdiam, kemudian dia melanjutkan kata-katanya. “ Kalau dilihat dari tubuhku, kakek memang usia 70 tahun.” “ semasa kecilku aku sering main-main, karena aku dilahirkan dari keluarga kaya,” kakek nampak mengenang masa kecilnya. “ Dari usia 10 tahun sampai 20 tahun hidup kakek hanya kakek gunakan untuk foya-foya, tidak sekolah dengan baik dan hanya hura-hura saja, mabuk-mabukan dll. Menginjak usia remaja dan dewasa hidup kakek hanya kakek gunakan untuk jalan-jalan, rekreasi keluar negeri menghambur-hamburkan uang,” cerita kakek dengan sedih. Baru diusia kakek ke 60 kakek merasa hidup kakek berarti, kakek menyesal karena sudah menyia-nyiakan usia dan waktu kakek hanya untuk senang-senang.” “Oleh karena itu kakek bilang bahwa usia kakek sebenarnya baru 10 tahun, karena selama 10 tahun ini kakek gunakan untuk belajar dan bekerja,” sambil menundukkan kepalanya, kakek mengakhiri kisahnya.

Dari kisah tersebut diatas kita bisa mengambil sebuah kesimpulan, bahwa selama kita hidup jangan menyia-nyiakan waktu yang ada, karena waktu tidak dapat diputar kembali. Selama hidup gunakan untuk belajar mencari ilmu sebanyak-banyaknya, karena kunci kesuksesan adalah ilmu. Dengan ilmu kita bisa mewujudkan semua keinginan kita.

Kalau kita ingin sukses, maka kita harus mengetahui bagaimana ilmu untuk sukses. Untuk mengetahuinya mudah, yaitu belajar dari mereka yang sudah sukses.

Tidak ada komentar: